Usaha perajin tenun banjir order

Jelang Hari Raya. Usaha perajin tenun banjir order

Pasar tenun tradisional cukup tinggi

Kediri-

Tenun Ikat Bukan mesin atau tradisional masih memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen kalangan menengah secara umum, meskipun harga kain tenun ikaat bukan mesin tergolong mahal dibanding tenun buatan pabrik, ternyata permintaan tenun tradisional cukup tinggi. Apalagi bulan puasa menjelang lebaran seperti ini, perajin tenun kuwalahan penuhi permintaan yang tinggi. Seperti dialami salah satu perajin tenun di kawasan sentra tenun tradisional di kota Kediri, Mustain warga kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Mustain mengaku permintaan tenun mengalami peningkatan jelang awal puasa lalu, sehingga untuk mengatasi atau mencukupi kebutuhan permintaan tenun jelang lebaran nanti, pihaknya telah melakukan produksi stok dalam jumlah besar sebelum puasa lalu. Jika sebelumnya permintaan hanya ratusan meter per bulan, kini mencapai seribu meter lebih.

Kepada centerwaralaba, Mustain mengaku dalam produksi tenun tradisional dalam memenuhi permintaan tinggi, sempat mengalami kendala dalam masalah produksi dalam jumlah besar, karena pembuatan tenun dibuat secara manual menggunakan tangan manusia dengan peralatan sederhana dari kayu berdampak pada keterbatasan kwantitas produksi.

Untuk mengatasi ini, terpaksa dirinya harus melakukan penimbunan stok tenun disaat order tidak terlalu tinggi pada bulan bulan biasa diluar ramadan dan lebaran.

“Kita tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, karena semua dikerjakan secara tradisional,” ungkap Mustain saat ditemui centerwaralaba.com di rumah produksinya, Kamis (11/07/2014).

Namun ternyata keterbatasan atau kendala dalam masalah produksi masal, ternyata malah memberikan nilai lebi pada produk tenun tradisional ini. Karena tidak bisa diproduksi secara besar, bahkan tiap produksi saat ini dengan produksi berikutnya tidak bisa menghasilkan hasil yang sama, ini memberikan nilai lebih  bahwa tenun tradisional menjadi produk spesial produksi dan dijamin tidak ada motif lainnya.

Hal inilah yang juga membuat tingginya permintaan, karena banyak orang memakai pakaian dari bahan tenun tradisional bangga tidak ada orang lain memiliki motif kain yang dipakainya.

Mustain mengaku bahwa tenun produksinya juga telah diminati konsumen luar negeri Amerika Serikat, Malaysia dan Saudi Arabia. Dan pihaknya mengaku siap bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan tenun tradisional di seluruh nusantara, karena pihaknya juga telah melakukan perekrutan karyawan untuk bisa memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat.

Bagi anda yang ingin mengembangkan usaha membuka gerai tenun tradisional, bisa menghubungi redaksi atau tim www.centerwaralaba.com, mengingat potensi pemasaran tenun tradisonal masih cukup tinggi, hal inii bisa menjadi peluang usaha bagi anda untuk membuka butik atau gerai tenun ikat bukan mesin.

Jelang Hari Raya. Usaha perajin tenun banjir order Pasar tenun tradisional cukup tinggi Kediri- Tenun Ikat Bukan mesin atau tradisional masih memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen kalangan menengah secara umum, meskipun harga kain tenun ikaat bukan mesin tergolong mahal dibanding tenun buatan pabrik, ternyata permintaan tenun tradisional cukup tinggi. Apalagi bulan puasa menjelang lebaran seperti …

Review Overview

User Rating: 4.73 ( 4 votes)
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*