Usaha Jagung Manis Ber peluang Jadi Waralaba

Usaha jagung manis berpeluang jadi sebuah usaha berbentuk waralaba. Mungkinkah?

usaha jagung manis ber peluang jadi waralabaMungkin sekali, usaha jagung manis menjadi peluang usaha berbentuk waralaba. Memang banyak orang yang memandang ringan pada makanan jagung manis. Dengan bahan baku utama jagung , seperti jagung yang ada di Puncak, Bogor untuk digunakan sebagai jagung bakar. Namun orang sering atau yang pada umumnya pemilik usaha jagung manis tersebut mengatakan jagung yang digunakan sebagai bahan baku adalah jagung yang diambil dari import dengan alasan lebih manis dan lebih bisa dipastikan kelancaran pasokannya.

Apakah jagung lokal tidak bisa ? bisa, namun secara kelancaran pasokannya sulit dijaga. Banyak petani masih malas untuk menanam jagung manis karena harga yang rendah dan pengembangan kegunaan jagung manis belum banyak diketahui oleh para petani. Oleh sebab itu menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mensosialisasikan pengembangan selanjutnya dari budi daya tanam jagung manis, agar banyak petani yang menanam sehingga bisa mencukupi pasokan jagung manis secara lancar.

Jagung manis, sebagai bahan baku utama diolah kembali menjadi makanan kecil yang lezat, yang pada umumnya disebut jagung manis dengan berbagai rasa. Jagung manis di kukus, diambil dagingnya saja dan direbus. Apabila ada seorang pembeli maka jagung manis tersebut siap dicampur dengan berbagai rasa tergantung permintaan pembeli. Rasa yang umumnya ada adalah pedas, manis dan dicampur dengan susu serta keju.

Jagung manis ini umumnya di jual di berbagai mal di kota-kota besar, dalam  konter kecil-kecil.

Dalam perkembangannya, usaha jagung manis ini telah berkembang pesat. Pada awalnya, mereka hanya dijual tanpa merek hanya tulisan jagung manis. Namun makin lama, mereka membuat merek sendiri pada tiap konternya, serta mulai mengembangkan usahanya. Pada awal mereka membuat usaha jagung manis, hanya mempunyai satu konter jagung manis di suatu mal, berkembang menjadi beberapa konter jagung manis di mall tersebut, bahkan ada pula yang giat bekerja hingga memiliki konter di beberapa mal.

Pengolahan buka usaha jagung manis pun cukup sederhana, tidak ribet

Usaha jagung manis ini sangat sederhana, cukup merebus agar jagung manis, tetap hangat dan enak untuk disantap serta mencampur dengan bahan lainnya seperti susu, keju atau sambal untuk pekerjaan di konter tersebut, sehingga tenaga kerja yang digunakan untuk menjaga konter tersebut tidaklah banyak cukup 1 orang saja per konter.

Kendala utama dalam usaha jagung manis ini adalah pasokan jagung manis, terlebih pasokan terbesar berasal dari barang impor yang tentu saja sangat terpengaruh oleh kebijakan pemerintah mengenai pengenaan tarif pajak barang import dan kurs dollar (rata-rata barang-barang import dalam satuan mata uang dollar). Sedangkan untuk pasokan dalam kendala utamanya adalah belum efisien cara bercocok tanam para petani kita, sehingga sering mengalami kerugian akibat cuaca maupun hama penyakit dan juga masih dipandang sebelah mata alias belum dianggap memberikan kesejateraan yang baik bila bercocok tanam jagung.

Selain kendala dalam bahan baku, kendala lain adalah keuntungan yang akan semakin kecil apabila kurs mata uang dollar tidak stabil, akibat banyak ketergantungan bahan baku berasal dari bahan baku import.

Dan kendala terakhir adalah persaingan yang cukup ketat di antara pedagang usaha jagung manis. Hal ini disebabkan modal yang kecil, serta bahan baku yang relatif mudah didapat, sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk usaha jagung manis.

Dari kendala-kendala tersebut, sebenarnya terbuka peluang yang lebih besar dari usaha jagung manis, yaitu di waralabakan. Kenapa harus waralaba ?

Waralaba jagung manis, akan membuat semakin mudahnya kita mendapatkan bahan baku utama yaitu jagung manis dengan harga yang tentu saja lebih murah, kualitas lebih baik, dan tentu saja pasokan yang terjamin karena kita mengambil dalam jumlah yang sangat besar untuk memasok orang-orang yang bergabung dengan waralaba kita. Selain itu dengan waralaba akan menguntungkan kedua belah pihak, buat yang ingin membeli waralaba akan mendapatkan pasokan yang pasti bahan baku jagung manisnya, mendapatkan latihan, mendapatkan merek dagang yang sudah dibina oleh pemiliknya dalam jangka waktu lama, serta tidak adanya waktu belajar dalam usaha jagung manis sehingga mengurangi resiko kerugian.

Bagi pengusaha waralaba jagung manis, akan memberikan keuntungan mendapatkan pasokan bahan baku yang lebih murah dan terjamin pasokannya serta mendapat tambahan penghasilan dari waralaba jagung manis.

Usaha jagung manis berpeluang jadi sebuah usaha berbentuk waralaba. Mungkinkah? Mungkin sekali, usaha jagung manis menjadi peluang usaha berbentuk waralaba. Memang banyak orang yang memandang ringan pada makanan jagung manis. Dengan bahan baku utama jagung , seperti jagung yang ada di Puncak, Bogor untuk digunakan sebagai jagung bakar. Namun orang sering atau yang pada umumnya …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

2 comments

  1. oke banget informasinya, kebetulan saya mau bikin usaha kayak ginian..

  2. oh ya bagaimana ya caranya kalau mau di kembangkan lebih luas gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*