Tips atasi modal terbatas pada bisnis, atur stok, mutu dan pelayanan.

Tips atasi Modal terbatas pada Bisnis, Atur stok, mutu dan pelayanan.

layanan dan atur stokPengamat marketing Yadhi Budi Setiawan, memberikan resep dalam membangun bisnis, jika modal usaha terbatas maka pelaku usaha tidak perlu membuat stok produk dalam jumlah besar, sebaiknya maksimal hanya dalam dua hari ke depan. Strategi lain adalah mencari produk yang eksklusif atau memang dibutuhkan konsumen dengan mencari pembeda, dan usaha seperti ini sangat terkait dengan kreativitas. Dan dalam sistem pemasaran dengan cara online agar bisa menjangkau konsumen lebih luas dan tidak perlu modal untuk menyewa toko. Selain itu penjualan bisa dilakukan dengan sistem konsinyasi di outlet-outlet atau, mal.

Menurut Yadhi Budhi Setiawan, usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim terutama produk yang eksklusif dan memang dibutuhkan oleh konsumen, antara lain berkaitan dengan perlengkapan pengendara motor seperti helm dan aksesori kendaraan termasuk air brush. Ada pula jajanan tradisional yang dikemas dalam butik modern, nasi bungkus dengan cita rasa yang berbeda dengan umumnya. Usaha fashion juga bisa dilakukan termasuk produksi tas seminar dengan kreasi yang berbeda dari umumnya, dan fashion untuk remaja dengan tren yang perkembangannya berjalan cukup cepat.

Agar sebuah usaha berkembang baik dan tetap bertahan dalam waktu lama, ada dua faktor utama yang perlu diperhatikan yaitu mutu dan pelayanan. Termasuk gencar membangun hubungan baik dengan customer agar nantinya terus menjadi pelanggan loyal. Seperti usaha kuliner terutama pada rasa yang kunci utamanya adalah SDM seperti chef yang meracik resep makanan. Selain itu perlu diperhatikan mengenai tampilan, dan brand yang juga penting ditonjolkan. Jika brand usaha itu bagus otomatis bisa dijual dan bisa dikembangkan dengan sistem franchise. Strategi berikutnya jika usaha tersebut sudah dikembangkan secara franchise adalah bagaimana bisa merekrut calon mitra usaha dalam jumlah besar yang membuat usaha bisa lebih besar. Dan setelah itu harus bisa mengelola standar operasi (standard operating procedure atau SOP) dalam usahanya.

Lalu, agar usaha tersebut bisa menuai untung besar, pelaku usaha harus bisa memberikan nilai tambah dalam produksi dari bahan mentah menjadi produk yang bisa dijual dengan kreasi menarik. Sehingga nantinya bisa mendongkrak keuntungan karena harga jualnya bisa cukup tinggi.

 

Tips atasi Modal terbatas pada Bisnis, Atur stok, mutu dan pelayanan. Pengamat marketing Yadhi Budi Setiawan, memberikan resep dalam membangun bisnis, jika modal usaha terbatas maka pelaku usaha tidak perlu membuat stok produk dalam jumlah besar, sebaiknya maksimal hanya dalam dua hari ke depan. Strategi lain adalah mencari produk yang eksklusif atau memang dibutuhkan konsumen …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*