Sepentingkah Pembukuan Dalam Usaha.

Sepentingkah pembukuan dalam usaha.

Kalau anda seorang pelaku usaha, apakah anda pernah mengalami hal seperti berikut? Semua barang dagangan habis terjual, harga juga telah diipatok lebih tinggi dari harga beli, tetapi setelah dihitung-hitung, ternyata jumlah uang yang ada itu tidak sesuai dengan harapan atau yang dibayangkan sebelumnya jika dibanding ludesnya barang yang telah terjual?

Di indonesia, hampir 90 persen pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mendapat pertanyaan seperti diatas, jawabnya sama yakni YA. Artinya mereka pernah mengalami hal yang sama dan penyebab yang sama. Setelah diamati, ternyata mereka dalam menjalankan usaha tidak memiliki pembukuan yang tepat.

Ya..satu aspek penting dalam usaha yang sering kali kita abaikan atau lupakan sebagai pelaku usaha adalah pembukuan usaha.  Padahal masalah pembukuan itu adalah sangatlah penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sejumlah transaksi, yang melibatkan sejumlah dana masuk dan keluar, hanya diingat-ingat. Hampir tidaklah mungkin rasanya. Sulit bagi kita mengingat sejumlah barang tertentu, apalagi dengan harga berbeda, serta konsumen yang berbeda pula. Oleh karena itu, untuk masalah pembukuan tidaklah boleh disepelekan.

Apa dan dimana kita melakukan pembukuan? Tidak boleh ada pengecualian. Bukukan dan catat seluruh transaksi yang terjadi pada usaha dalam satu hari. Uang keluar masuk, semuanya harus dicatat. Tidak peduli dalam jumlah kecil atau besar, semua transaksi harus dicatat.

Pembukuan, juga bukan soal medianya saja. Coba anda amati toko-toko grosir di sekitar anda. Para pedagang itu sepertinya tidak mencatat. Mereka hanya menghitung jumlah transaksi. Benarka? Ternyata kan tidak. Mereka juga melakukan pembukuan walaupun tidak di buku khusus, apalagi dengan komputer. Mereka mencatat di selembar potongan kardus rokok, atau bahkan di kertas timah bungkus rokok.

Intinya yang kita tekankan dalam bahasan ini adalah dengan pembukuan yang akurat dan tepat, laba rugi dalam menjalankan usaha sangat mungkin diteteksi lebih awal. Pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu bisa dipangkas sejak awal. Pada akhirnya, kita tidak perlu menyesali ketelodaran kita dalam pencatatan.

Kapasitas otak manusia bisa sangat tidak terbatas. Tetapi jangan gunakan kapasita otak yang besar itu untuk mengingat hal yang remeh remeh. Otak harus digunakan untuk fungsinya, yakni memikirkan hal-hal yang strategis.

Karena itu bagi anda pelaku usaha, jangan remehkan fungsi pembukuan walaupun itu terlihat sederhana. Maju dan tidaknya usaha yang kita jalankan sangat dipengaruhi oleh pembukuan transaksi usaha yang kita lakukan. 

Dan semoga artikel “Sepentingkah Pembukuan Dalam Usaha” ini bermanfaat bagi Anda

Sepentingkah pembukuan dalam usaha. Kalau anda seorang pelaku usaha, apakah anda pernah mengalami hal seperti berikut? Semua barang dagangan habis terjual, harga juga telah diipatok lebih tinggi dari harga beli, tetapi setelah dihitung-hitung, ternyata jumlah uang yang ada itu tidak sesuai dengan harapan atau yang dibayangkan sebelumnya jika dibanding ludesnya barang yang telah terjual? Di …

Review Overview

User Rating: 4.63 ( 4 votes)
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*