Segmentasi Iklan Agar Konsumen Lebih Tertarget

Segmentasi Iklan sangat membantu kemana arah model iklan akan dibuat, sehingga tidak terjadi salah langkah dalam membuat iklan.

(catatan PW TDA 2014)

Jakarta – Dalam membangun branding diperlukan juga upaya iklan, namun dalam iklan itu terkadang memang perlu memperhitungkan budget dari iklan tersebut maupun perkembangan usaha yang sedang berjalan. Atas dasar inilah diperlukan juga strategi bagaimana iklan dari produk kita bisa efisien tepat sasaran dan tidak buang banyak anggaran.
Menurut Ananto Pratikno seorang pakar wirausaha yang juga pengurus pusat komunitas Tangan Di Atas (TDA), dalam membuat iklan untuk membangun branding kuat kita perlu memperjelas segmentasi dari konsumen yang akan kita bidik. Langkah ini dinilai sangat bagus untuk menghemat anggaran iklan sekaligus membuat efisien iklan lebih berhasil.
Segmentasi Iklan sangat membantu kemana arah model iklan akan dibuat, sehingga tidak terjadi salah langkah dalam membuat iklan. Apalagi segmentasi sangat membantu bagi perusahaan yang akan berkembang yang masih mengalami keterbatasan anggaran dan stok produksi serta distribusi yang terbatas.

“Kita perlu segmentasi? Karna produk kita terbatas, distribusi terbatas”, ungkap Ananto Pratikno.
Ananto menambahkan bahwa hampir setiap iklan di televisi memiliki segmentasi dari pasar konsumen yang akan dibidik melalui iklan tersebut, sehingga gaya model iklan juga berpengaruh terhadap pasar yang akan dibidik oleh iklan tersebut.
“semua punya segmen”, ujar Ananto.
Ananto juga memberi contoh perusahaan penerbangan Garuda dan lion Air, keduanya memiliki bidikan segmen masing-masing yang berbeda. Banyak kita yang karyawan, bila akan melakukan penerbangan atas tugas dinas dari kantor, maka biasanya kita lebih memilih penerbangan dengan jasa Garuda air. Lain halnya bila kita akan melakukan penerbangan karena acara keluarga atau pribadi, biasanya kita lebih memilih jasa Lion Air yang ebih murah.

“saya kalau tugas kantor pakai Garuda, sementara kalau bepergian sendiri lebih memilih lion air karena cari iritnya”, kata Ananto.
Ini bukti bahwa kedua jasa maskapai penerbangan tersebut memiliki segmentasi pasar masing-masing, hal ini juga akan mempengaruhi dalam membangun branding melalui iklan. Melalui iklan tersebut kita akan mencoba menjaring konsumen sesuai segmen yang sesuai dengan produk kita.

Segmentasi Iklan sangat membantu kemana arah model iklan akan dibuat, sehingga tidak terjadi salah langkah dalam membuat iklan. (catatan PW TDA 2014) Jakarta – Dalam membangun branding diperlukan juga upaya iklan, namun dalam iklan itu terkadang memang perlu memperhitungkan budget dari iklan tersebut maupun perkembangan usaha yang sedang berjalan. Atas dasar inilah diperlukan juga strategi …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*