Sandiaga Uno dan Mindset of Entrepreneur

Mindset of Entrepreneur / PW TDA 2014. Sandiaga Uno mengajak untuk mengamati realitas negera Indonesia.

(Paparan : Sandiaga Uno)

Jakarta – Sebelum melangkah membahas mindset entrepreneur, Sandiaga Uno mengajak untuk mengamati realitas negera Indonesia. Dimana Negeri yang sumber daya alam melimpah, tetapi tidak bisa menghasilkan energi, memiliki potensi alam subur yang luar biasa tetapi masih banyak bahan pangan impor dari luar negeri.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa untuk kemajuan suatu negara, dituntut agar negara tersebut memiliki sedikitnya 2 persen pengusaha dari total penduduk negeri tersebut. Ia berharap dari PW TDA ini nantinya akan juga muncul pengusaha dibidang energi.

“Dua minggu lalu saya dimintai tolong untuk men-twett di akun twitter saya untuk menyampaikan akan ada pemadaman bergilir di Jakarta selama 3 jam pada hari minggu, tetapi langsung ada respon teman di palembang bahwa disana terus kena giliran lampu mati”, kata sandiaga Uno.

“Prihatin, Sering mati lampu bergilir, setelah dicari tahu ternyata jawabnya karena tidak punya sumber daya manusia dalam bidang energi, semoga dari TDA ini muncul 20 persen pengusaha energi”. Harap Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, ada 3 pilar  penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu negara selain 2 persen memiliki pengusaha, yakni

  1. Sektor Consumers, dimana di indonesia ini menunjukan bahwa kelas menengah akan bertumbuh pesat.
  2. Insfratruktur, meski di indonesia masih berat untuk dicapai saat ini, namun secara bertahap kita harus menciptakan yang namanya insfrastruktur.
  3. Sumberdaya alam, dimana indonesia telah memiliki anugrah kekayaan alam luar biasa dibanding negara lain.

Mas Uno panggilan akrab Sandiaga Uno, meminta anggota TDA membuat catatan 30 tahun ke depan tentang bisnis yang dijalani, gimana hasilnya? Apa yang diraih? Manfaat yang diraih? Untuk keluarga, sosial dan negara.

Catatan itu nanti akan terbukti dengan keyakinan kuat bahwa itu nantinya akan terjadi pada diri anda, pada perusahaan anda.

“Setelah di PHK dari kerjaan tahun 2008, kemudian saya merintis usaha bersama teman SMA saya dengan bidang konsultan,” ungkap Mas Uno.

Mas Uno menambahkan bahwa semua mengalami hal yang tidak kita duga. Mas Uno mengaku bersyukur setelah PHK masih bisa  punya kantor ukuran 8×10 m. Dari kantor inilah akirnya berkembang menjadi 21 perusahaan yang sekarang dimilikinya.

“saat itu, tanya partner saya, kenapa kok tembok ada merah, karena emang bekas salon, jadi memang sangat terbatas,”

Kuncinya menurut mas uno, pengusaha jangan pernah mengeluh, jangan pernah menunggu..aktion yg baik, apapun yang kita punya ya kita mulai usaha. Jangan menunda lagi menunggu kalau sudah memiliki modal misalnya.

Selain itu, pengusaha harus memiliki knowledge, yakni sikap selalu belajar sesuatu yang baru. Meski telah sukses, jangan pernah berhenti untuk selalu ingin tahu.

Mindset of Entrepreneur / PW TDA 2014. Sandiaga Uno mengajak untuk mengamati realitas negera Indonesia. (Paparan : Sandiaga Uno) Jakarta – Sebelum melangkah membahas mindset entrepreneur, Sandiaga Uno mengajak untuk mengamati realitas negera Indonesia. Dimana Negeri yang sumber daya alam melimpah, tetapi tidak bisa menghasilkan energi, memiliki potensi alam subur yang luar biasa tetapi masih …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*