Riset Pasar Adalah Langkah Awal Membuka Usaha

Riset pasar adalah langkah awal membuka usaha untuk meminimalkan resiko kerugian.

Ananto Pratikno / ex. Country Director / ac Nielsen Indonesia
(Catatan Dari PW TDA 2014)

Jakarta – Setiap orang memulai usaha, hampir dipastikan memiliki perencanaan tentang apa yang akan dilakukan, karena langkah awal ini juga sangat menentukan hasil perolehan dalam membangun suatu usaha. Namun salah perencanaan akan membuat usaha tidak akan berkembang bahkan bisa mengalami kerugian akibat salah perencanaan langkah awal.

Ananto Pratikno, seorang pengusaha yang juga pengurus pusat TDA, memberi tips singkat tentang langkah awal membuka usaha kepada peserta PW TDA 2014 beberapa waktu lalu. Dimana Ananto memaparkan hal mendasar langkah awal membuka usaha antara memproduksi produk yang akan dijual atau riset terlebih dahulu kelapangan untuk mencari pangsa, segmen, serta kategori pasar atau pembeli terlebih dahulu.

“Untuk merubah mindset ketika kita mau berusaha. Sebagai contoh saat mau usaha baju apakah produksi dulu atau kelapangan dulu riset cari pembeli?”, kata Ananto. Pertanyaan ini sangat mendasar sebagai langkah untuk awal merintis usaha, sehingga pilihan harus tepat. Paling tidak dari kedua piihan tersebut kita harus bisa meminimalisir tingkat resiko kerugian dalam menjalankan usaha nantinya.

Menurut Ananto, pilihan yang tepat adalah seorang yang akan buka usaha harus turun lapangan terlebih dahulu untuk riset pasar dan kalau ingin lebih baik lagi saat turun lapangan kita sudah bisa memiiki calon pembeli dari produk yang akan kita produksi.

“Apapun bisnis teman teman, karena kuncinya keberhasilan adalah adanya pembeli dari produk yang kita jual, sebaik apapun produk yang kita miliki tetapi tidak ada pembelinya maka itu sama saja akan siap mati usahanya”, ujar Ananto.

“Ini bisa kita dapat duit dari mana? Siapa yang mau membeli produkku? Jawabnya customers, oleh karena itu kita harus tahu customers kita siapa? Alangkah baiknya sebelum kita bisnis kita sudah tahu siapa customers”, tegas Ananto.

Ananto selalu menekankan bahwa mengetahui siapa calon pembeli produk kita adalah wajib, karena dalam bisnis faktor customer adalah faktor yang sangat berperan dalam bisnis yang sedang dibangun oleh seorang pengusaha. Hal ini akan terbalik jika seorang pengusaha memproduksi produk terlebih dahulu tanpa riset pasar, maka akan ada dua kemungkinan yakni barang yang kita jual laku dibeli orang dan kemungkinan lain adalah produk yang kita jual tidak laku dipasaran.

Riset pembeli adalah wajib, dengan langkah seperti ini, maka kita sebagai seorang yang akan memulai usaha sudah melakukan langkah tepat dan mengurangi resiko rugi dalam membangun bisnis.
Begitu juga dengan memilih waralaba, kita juga harus tahu dan paham siapa pasar yang dibidik dan akan lebih baik lagi, anda memilih waralaba yang sudah terbukti memiliki customer atau pembeli loyal.

Riset pasar adalah langkah awal membuka usaha untuk meminimalkan resiko kerugian. Ananto Pratikno / ex. Country Director / ac Nielsen Indonesia (Catatan Dari PW TDA 2014) Jakarta – Setiap orang memulai usaha, hampir dipastikan memiliki perencanaan tentang apa yang akan dilakukan, karena langkah awal ini juga sangat menentukan hasil perolehan dalam membangun suatu usaha. Namun …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*