Penyebab Kenapa Kegagalan Bisnis Dialami Pengusaha

Penyebab Kenapa Kegagalan Bisnis Dialami Pengusaha Secara Umum

Oleh : Rere Suhardono (catatan PW TDA 2014)

Jakarta- Berbicara tentang kegagalan dialami oleh pengusaha secara umum, Rere Suhardono mengupas tentang penyebab dari kenapa kegagalan itu dialami oleh pengusaha. Kenapa saat membuka usaha, tetapi kegagalan yang malah mampir bukan kesuksesan. Penyebab kegagalan itu haarus dicari tahu, agar kita bisa menjawab kegagalan itu menjadi kesuksesan kita dalam membangun bisnis.

Menurut pengalaman Rere, kegagalan itu selalu dialami oleh pengusaha, karena kita sebagai seorang pengusaha lebih setia pada istri dari pada ide bisnis. Ketika istri takut gagal, kita terkadang juga ikut menjadi lemah dan ide bisnis kita kalah sebelum menemukan jawaban kenapa kegagalan itu kita alami. Kalau menyerah saat gagal, maka ya selesailah bisnisnya yang berakir benar-benar gagal. Akan lain hasilnya jika gagal itu kita cari penyebabnya dan diselesaikan permasalahannya, maka peluang keberhasilan akan tetap terbuka.

“Kita lebih setia pada istri, daripada ide kita”, kata Rere sambil senyam senyum.
Lanjut Rere, setelah gagal kita harus tahu penyebab gagal, biasanya produk gagal itu ada 3 penyebab yang membuat produk tidak laku setelah dipasarkan. Faild Product itu ada 3 penyebab yakni :
Loe kenal konsumen loe
Loe pikir tahu problemnya / real problem konsumen
Loe yakin konsumen mau bayar produk kita

Pertama gagal disebabkan kita sebagai pengusaha merasa teah kenal terhadap konsumen kita, tetapi nyatanya sebenarnya kita tidak mengenalnya. Oleh karena itu, sebelum membangun usaha, langkah pertama yang harus ditempuh seorang pengusaha adalah mengenal benar calon konsumennya. Dengan cara sseperti ini, maka kita sebagai seorang pengusaha telah tahu betul karakter dari calon konsumen, sehingga kita bisa membuat produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen.

Kedua, kita selalu berfikir telah paham permasalah yang dialami konsumen tetapi sebenarnya belum tahu betul kenyataan masalah yang dialami oleh konsumen. Sehingga hal ini membuat kita menjadi salah dalam membuat produk yang akan kita pasarkan, karena memang calon konsumen secara kenyataan memang tidak butuh produk kita.

Ketiga, kita terlalu amat yakin bahwa konsumen akan senang hati membeli dan membayar produk kita, padahal sebenarnya konsumen terlalu ogah untuk membeli produk kita tersebut. Sebelum memproduksi kita harus paham betul kenal betul konsumen kita, sehingga konsumen bersedia membeli produk kita. Artinya produk kita memang diminati konsumen, produk kita memang solusi yang dicari konsumen.
“Bisnis ide tidak baik kalau tidak bisa jalani”, pungkas rere.

Penyebab Kenapa Kegagalan Bisnis Dialami Pengusaha Secara Umum Oleh : Rere Suhardono (catatan PW TDA 2014) Jakarta- Berbicara tentang kegagalan dialami oleh pengusaha secara umum, Rere Suhardono mengupas tentang penyebab dari kenapa kegagalan itu dialami oleh pengusaha. Kenapa saat membuka usaha, tetapi kegagalan yang malah mampir bukan kesuksesan. Penyebab kegagalan itu haarus dicari tahu, agar kita …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*