Inti Sales Marketing atau Branding Produk Sebuah Bisnis

Inti Sales Marketing atau Branding Produk Sebuah Bisnis / PW TDA 2014.

(Paparan kultum : Ananto pratikno / ex. Country director / ac nielsen indonesia.)

Jakarta – Dengan bahasa yang simple dan renyah, Ananto membahas inti dari sebuah usaha, yakni Sales, Marketing atu Branding. Karena pada prinsipnya sebuah usaha bisnis yang paling pokok adalah penjualan, kalau marketing tidak jalan maka usaha bisa dipastikan akan gulung tikar.

Menurut ananto, Marketing itu adalah cara supaya orang itu beli lagi beli lagi terhadap produk kita istilahnya selalu repeat order. Dari upaya yang bisa membuat konsumen kita kembali membeli lagi produk dari perusahaan kita, dan itu terus terjadi untuk terus kembali membeli dan repeat order, maka marketing kita sudah mencapai pada tahap branding.

Pada tahapan sudah mencapai branding, maka konsumen sudah sangat percaya pada produk kita dan loyal terhadap produk kita. Konsumen sudah fanatik terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan kita.

“Kalau sudah pokoke itu branding, seperti contoh apapun makanannya minumannya teh botol sosro, itu branding, kalau orang mau cari air putih selalu teringat aqua,” jelas Ananto.

Ananto mengambil ibarat pada petani, dengan melontarkan pertanyaan kapan petani mengalami musim panen? Kapan petani panen? Dan pada dasarnya petani itu tidak selalu tiap bulan panen.

“Petani apa panen tiap bulan ? tidak kan? Termasuk kita dalam membangun bisnis, juga harus tahu kapan kita panen”, Ananto lebih detil menjelaskan dengan pertanyaan.

Bisnis fashion kapan musim panin? Adalah saat Lebaran dan musim masuk sekolah. Jadi selain di bulan itu, seorang yang bisnis dibidang fashion jangan berharap dagangannya laris manis, karena bukan masuk bulan untuk panen.

“Dalam setahun, kita harus tahu panen kapan? ibarat petani harus tahu kapan membajak, memupuk dan memelihara hingga tahu kapan panen”.

Ananto menyampaikan bahwa Banyak usaha bangkrut karena tidak memiliki pengetahuan tentang masa-masa yang diibaratkan seperti yang dialami petani. Pengusaha harus memiliki planing kapan saat menanam, kapan saat memupuk, kapan saat mengairi dan akhirnya bisa melakukan panin melimpah ruah. Artinya pengusaha harus tahu kapan investasi, kapan melakukan penjualan semaksimal mungkin atau tahap merawat mengasih pupuk dan mengairi sawah hingga akirnya penjualan maksimal hasilnya.

(Di tulis oleh : Hartono Basingkem)

Inti Sales Marketing atau Branding Produk Sebuah Bisnis / PW TDA 2014. (Paparan kultum : Ananto pratikno / ex. Country director / ac nielsen indonesia.) Jakarta – Dengan bahasa yang simple dan renyah, Ananto membahas inti dari sebuah usaha, yakni Sales, Marketing atu Branding. Karena pada prinsipnya sebuah usaha bisnis yang paling pokok adalah penjualan, …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*