Brand Lokal Di Tengah Persaingan Bisnis

Brand Lokal Di Tengah Persaingan Bisnis

(Yuswohadi / Pengamat dan pakar marketing)

Jakarta – Pada kesempatan Pesta Wirausha Tangan Di Atas (TDA) 2014 di TMII jakarta, Yuswohadi mengungkapkan kekhawatirannya akan hilangnya Brand-brand lokal di tengah persaingan bisnis sekarang ini. Indikasi tenggelamnya merek-merek produk lokal dalam negeri yang mulai tenggelam sudah sangat banyak sekali brand perusahaan asing yang memenuhi segala penjuru hingga ke dapur rumah kita.

“Takutnya saya itu, nantinya kita tidak punya kemandirian brand, banyak brand yang sekarang dimiliki asing”, ungkap Yuswohadi.

Yuswohadi memberikan contoh pada brand perusahaan bank, telekomunikasi dan otomotif yang ada dipasar indonesia sudah banyak dikuasai perusahaan asing. Sementara banyak potensi dari dalam negeri yang malah terabaikan tidak digarap serius untuk dibangun sebuah brand kuat yang siap dan bahkan mengalahkan dalam persaingan dengan brand asing.

“Kita akan mengalami kangker stadium 4 bila ini terus kita biarkan. Saya Khawatir makanan tradisional pecel, rawon, semanggi yang sebenarnya berpotensi akan hilang karena tidak ada brand yang dimiliki, karena dominasi brand asing”. Papar Yuswohadi.

Lanjut Yuswohadi, bahwa kita sedang dijajah dengan berbagai brand brand asing yang berdatangan di Indonesia, seperti Mc.Donald, Carefour, rasanya seperti enak, beda kalau kita dijajah dengan senjata seperti zaman perjuangan dulu yang rasanya sakit. Tapi ini adalah ancaman serius terhadap keberadaan perusahaan atau UKM lokal jika pelaku usaha lokal tidak bisa merebut kembali untuk menguasai pasar dengan brand lokal.

“Kita akan menjadi tamu di rumah sendiri, Tengok dapur anda, penuh dengan brand asing, mulai minyak goreng, margarin, garam, gula dan banyak lainnya, semua penuh brand asing”.

“Kita kanker stadium 4 , kita sudah tidak merdeka masalah brand”

Baca selengkapnya >>

Brand Lokal Di Tengah Persaingan Bisnis (Yuswohadi / Pengamat dan pakar marketing) Jakarta – Pada kesempatan Pesta Wirausha Tangan Di Atas (TDA) 2014 di TMII jakarta, Yuswohadi mengungkapkan kekhawatirannya akan hilangnya Brand-brand lokal di tengah persaingan bisnis sekarang ini. Indikasi tenggelamnya merek-merek produk lokal dalam negeri yang mulai tenggelam sudah sangat banyak sekali brand perusahaan asing …

Review Overview

User Rating: No Ratings Yet !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*