Breaking News

Perkembangan Sistem Waralaba Indonesia

Perkembangan Sistem Waralaba Indonesia

Sistem Waralaba Indonesia dan perkembangannya sudah dikenal sejak tahun 1950-an, yaitu dengan dibukanya dealer kendaraan bermotor dengan pembelian lisensi. Adanya sistem pembelian lisensi plus menjadi Perkembangan waralaba indonesia  kedua yang terjadi sekitar tahun 1970-an. Maksud dari lisensi plus adalah franchisee atau pembeli waralaba tidak hanya menjadi penyalur, tetapi juga memunyai hak untuk membuat/memproduksi produknya.

Agar waralaba bisa berkembang dengan cepat, maka hal utama yang harus dimiliki adalah kepastian hukum yang saling mengikat baik bagi pewaralaba maupun terwaralaba. Karenanya, kita bisa melihat bahwa negara yang mempunyai kepastian hukum yang  jelas bisa membuat  waralaba berkembang dengan pesat, contohnya di Amerika dan Jepang. kepastian hukum dalam format Waralaba Indonesia  baru ada sekitar tahun 1997 tanggal 18 Juni, yaitu dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 thn 1997 tentang Waralaba. Kemudian pada tahun 2007 PP ini dicabut dan diganti dengan Peraturan Pemerintah no 42 thn 2007 tentang Waralaba. Kemudian keluar beberapa keputusan lagi yang mengatur ketentuan-ketentuan lainnya dalam mendukung kepastian hukum format bisnis waralaba. Tentunya tahap tahap yang diupayakan oleh pemerintah adalah agar menjadikan usaha waralaba indonesia terbaik.

Kepastian Hukum Sistem Waralaba Indonesia

Masih Banyak orang skeptis atas kepastian hukum khususnya dalam bidang  Waralaba di Indonesia. Tetapi saat ini kepastian hukum usaha dengan format waralaba sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Ini terlihat semakin banyak payung hukum yang bisa melindungi usaha waralaba tersebut. Waralaba di Indonesia berkembang sangat pesat khusunya pada bidang fast food. Hal ini mungkin dikarenakan para pengusaha waralaba yang menerima waralaba ( franchisee ) diharuskan mengembangkan bisnis melalui master franchise yang kemudian diterima dengan cara mencari kembali atau menunjuk lagi penerima waralaba lanjutan.

Dengan menggunakan sistem piramida, suatu gabungan format bisnis waralaba bisa terus berekspansi. Terdapat Beberapa badan asosiasi Waralaba di Indonesia seperti Asosiasi Pengusaha Waralaba Indonesia (APWINDO ), Waralaba & License Indonesia(WALI ), AFI ( Asosiasi Franchise Indonesia ). Ada juga beberapa konsultan untuk Waralaba Indonesia seperti Hans, Consulting, The Bridge,IFBM, FT Consulting, JSI , Ben WarG Consulting dan lain-lain. Terdapat beberapa  pameran tentang  Waralaba atau franchise Indonesia yang mengadakan roadshow secara berkala diberbagai daerah dengan jangkauan nasional.

LENOVO Mendukung perkembangan sistem waralaba Indonesia

Lenovo mengumumkan kolaborasinya  atas Info Franchise Club agar bisa menjangkau Usaha Kecil Menengah (UKM) pada sektor bisnis Waralaba di Indonesia. Kerjasama ini menegaskan Lenovo yang mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia, agar UKM bisa memulai usaha dengan format waralaba.

Bisnis waralaba adalah bidang usaha yang sangat potensial di Indonesia. Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) menegaskan bahwa pendapatan usaha waralaba ditahun 2011 bisa mencapai 120 triliun. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat sekitar 20% ditahun ini sampai Rp. 144 triliun.

Countri General Manager Lenovo Indoneia Sandy Lumy menegaskan bahwa menggunakan sistem bisnis waralaba adalah sarana penting untuk bisa mengembangkan UKM. UKM adalah pewaralaba (franchisee) yang bisa bersinergi dengan perusahaan besar yang bisa memberi lisensi waralaba. Kolaborasi ini merupakan kesempatan besar bagi kami untuk memperkenalkan berbagai macam teknologi Lenovo yang sudah dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan usaha waralaba.

Info Franchise Club yang memfasilitasi Lenovo dalam mendukung waralaba Indonesia, Lenovo telah menyetujui kesepakatan dengan pemberi lisensi Franchise besar untuk pengimplementasian Lenovo pada kantor – kantor cabang punya sendiri dan kantor yang diwaralabakan. Dengan proyek “Entepreneurial Spirit withh IT Smart Investement” Lenovo akan menyiapkan PC yang khusus didesain untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis fanchise sehingga pewaralaba dengan  Salembaa dan Cipta Tour dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas serta keuntungan dari bisnisnya.

About Agan Erwin

Saya suka dengan ide sederhana, tetapi mempunyai kekuatan dahsyat dari yang lebih rumit dan komplek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>