Breaking News

Waralaba Laundry Kiloan Murah

Maraknya Waralaba Laundry Kiloan Murah

Waralaba laundry kiloan murah tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di kota-kota besar. Hampir di setiap kota besar kita dapat dengan mudah menjumpai usaha laundry. Sebelumnya usaha laundry belum berbentuk waralaba, tapi dengan pertimbangan bahwa jika usaha laundry dikembangkan menggunakan system waralaba maka akan tampak lebih gampang, cepat dikenal dan bisa langsung ramai.

Meskipun di sisi lain system waralaba ini memerlukan biaya yang cukup besar tapi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba menciptakan sendiri usaha waralaba laundry kiloan murah. Jika kita lihat menekuni bisnis ini termaasuk gampang dan simple karena pada intinya kita hanya mencuci serta merawat baju atau pakaian konsumen. Tentu dengan modal keuletan dan belajar dari kiat sukses laundry system waralaba, bisnis anda tentu akan sama berhasilnya dengan waralaba laundry.

Untuk memulai usaha waralaba laundry tentu anda harus mempertimbangkan sisi lokasi. Wilayah kampus, kost-kostan, dan perkantoran merupakan lokasi usaha yang strategis untuk membuka usaha waralaba laundry. Mengapa lokasi tersebut? Pelajar atau mahasiswa khususnya kaum laki-laki yang tinggal di kost-kostan bisaanya malas bila melihat pakaiannya yang kotor telah menumpuk.

Sedangkan di wilayah perkantoran, tidak sedikit pegawai atau karyawannya tidak memiliki waktu banyak untuk mengurusi pakaian mereka yang kotor. Waktu mereka habis digunakan untuk bekerja, berangkat kerja pagi sedangkan pulang terkadang sampai malam. Di samping mempertimbangkan letak lokasi, anda juga mempertimbangkan luas tempat usaha, setidaknya anda memiliki luas yang memadai untuk usaha waralaba laundry.

Memulai bisnis waralaba laundry kiloan murah

Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan ketika Anda akan menekuni bisnis waralaba Laundry

  1. Letak Lokasi sebaiknya tempat yang strategis. Pertimbangkan pula harga sewa tempat (jika menyewa).
  2. Mesin cuci sekaligus pengering pakaian. Untuk Jumlah sesuaikan budget yang Anda miliki.
  3. Setrika listrik.
  4. Pegawai/ karyawan. untuk awalan, tenaga administrasi dapat Anda tangani sendiri.
  5. Dana operasional untuk penyediaan sabun, pewangi & pelembut pakaian, biaya listrik, air (jika menggunakan air PAM), plastik kemasan.
  6. Perlengkapan pendukung diantaranya : keranjang pakaian, almari/rak untuk tempat pakaian yang telah selesai di proses, timbangan (untuk Laundry kiloan), gantungan baju.
  7. Sarana untuk antar jemput pesanan.
  8. Siapkan mesin yang bisa digunakan dengan baik selama 24 jam karena tentu Anda tidak menghendaki bisnis anda ini terhenti karena mesin tidak dapat berjalan dengan baik. Mesin yang disiapkan sebaiknya mempunyai karakter heavy duty untuk tugas-tugas berat misal mencuci selimut tebal, sprei atau bed cover.

Bagaimana menjalankan bisnis waralaba laundry kiloan murah?

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat dijadikan acuan dalam bisnis laundry

  1. Rekrut karyawan dan berikan training kepada mereka. Karyawan yang bagus adalah yang selalu ramah kepada pelanggan, mengetahui metode pencucian yang baik, dan tepat waktu dalam mengerjakan tugas( hal tersebut menjadi standart pelayanan waralaba Laundry)
  2. Membuat metode pembukuan sederhana.
  3. Membuat nota order cucian, satu hal yang terlupakan yaitu memberi logo / alamat tempat usaha Anda  karena ini bisa dijadikan sebagai media promosi.
  4. Pahami standart pencucian, pengeringan dan penyetrikaan yang baik berdasarkan jenis kain.
  5. Pahami tentang resiko kerusakan pakaian seperti perubahan warna, luntur atau kusut selama proses laundry. Jangan sampai pelanggan kecewa terhadap palayanan anda, karena hal tersebut dapat menjadikan Anda kehilangan pelanggan.
  6. Membuat media promosi seperti spanduk, brosur yang bisa menarik pelanggan terutama di lokasi perkantoran, perumahan, kost-kostan, rumah sakit, losmen, dan lainnya.
  7. Membuat promosi dengan misalnya gratis pencucian setiap pelanggan yang melakukan 10x cuci atau setiap nominal tertentu.

Apabila Anda bisa menjalankan waralaba laundry ini dengan sungguh-sungguh, niscaya Anda bisa menambah sarana seperti mesin cuci, pengering pakaian dan setrika  dengan semakin banyaknya konsumen yang datang. Meskipun hanya bermodal mesin cuci, jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan. Buktinya anda bisa mendapatkan rupiah dan dapat mengembangkan usaha waralaba ini menjadi sebuah usaha yang menjajikan untuk masa depan anda, tentunya dengan bekal keuletan dan ketekunan dalam menekuni usaha ini.

About Agan Erwin

Saya suka dengan ide sederhana, tetapi mempunyai kekuatan dahsyat dari yang lebih rumit dan komplek

One comment

  1. You could have a fantastic topic: Waralaba Laundry Kiloan Murah here! would you like to make some invite posts on my blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>