Breaking News

Membangun Format Bisnis Usaha Waralaba Modal Kecil

Membangun Format Bisnis Usaha Waralaba Modal Kecil

Usaha Waralaba Modal Kecil akhir-akhir ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mempunyai jenis usaha yang beraneka macam mulai dari bisnis makanan sampai berbagai usaha jasa. Usaha waralaba moda kecil merupakan salah satu cara untuk mengembangkan usaha waralaba dengan modal kecil diantara cara usaha yang lain yang membutuhkan modal besar seperti membuka cabang sendiri atau menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Dalam menjalankan bisnis waralaba banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari membuat konsep bisnis sampai dengan bagaimana cara mempromosikan bisnis waralabanya. Tetapi ada satu hal terpenting dari itu, yaitu dimana masih banyak pengusaha pada perusahaan waralaba yang melupakan pentingnya mendaftarkan merek dagangnya dan belum mengerti pentingnya mendaftarkan mereknya, sehingga ketika usahanya sudah berjalan tetapi mereknya menjadi perselisihan dengan pihak lain, hal ini  menjadi sangat merugikan dirinya ketika usahanya sedang naik tiba-tiba mereknya diakui pihak lain sebagai mereknya.

Usaha waralaba modal kecil juga butuh merek

Merek adalah perangkat yang cukup penting, untuk contoh mungkin produk makanan yang kita jual sangat lezat dan lnikmat namun mereknya tidak menarik, sudah barang tentu produknya tidak terlalu dikenal atau bahkan tidak laku, maka sia-sia saja kita menjual jika mereknya tidak memiliki daya tarik dan tidak dikenal masyarakat. Di sisi lain mungkin banyak orang yang memiliki  produk tidak terlalu istimewa tetapi mereknya sangat terkenal dan produknya menjadi incaran atau kebanggaan bagi setiap orang yang membelinya .

Banyak pengusaha yang telah lama menjalankan bisnisnya tetapi tidak berkembang dengan cepat bahkan hanya sekedar bertahan saja, namun ada juga pengusaha waralaba yang baru membuka usahanya tapi mampu berkembang dengan pesat karena mempunyai merek atau brand yang cukup menjual. Pastinya kita bisa mengerti betapa penting usaha waralaba modal kecil harus memiliki merek atau brand yang cukup menjual.

Solusi Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil

Ditengah suasana persaingan hidup makin ketat mencari pekejaan juga semakin sulit, bisnis atau usaha waralaba modal kecil atau menengah mampu menjadi salah satu jalan keluar alternatif, disamping usaha waralaba modal kecil ataupun menengah mampu membuka lapangan pekerjaan untuk menyerap tenaga kerja, bisnis waralaba pun tergolong mampu bersaing dalam gejolak ekonomi makro.

Pengembangan usaha waralaba modal kecil ataupun menengah  mempunyai tujuan untuk mendorong berkembangnya pengistimewaan dan modernisasi usaha tradisional, sehingga dapat melahirkan kreatifitas dalam mengembangkan inovasi baru. Hal ini bisa dilihat dari mulai banyaknya pengusaha menjadikan usahanya sebagai usaha waralaba modal kecil dan menengah dan pastinya dengan variasi bisnis dan aturan yang berbeda-berbeda.

Bagi anda yang berminat menggeluti bisnis waralaba, berikut ini beberapa kiat sederhana yang sebaiknya anda perhatikan sebelum mengambil usaha waralaba modal kecil maupun menengah lainnya:

  1. Usaha waralaba modal kecil atau besar tersebut telah berjalan berapa lama
  2. Mempunyai perjalanan bisnis dan keadaan keuangan yang baik. Untuk memperoleh informasi ini anda bisa cari di internet, buku, tabloid atau majalah yang khusus membicarakan masalah tentang ukm dan bisnis waralaba, atau bisa juga mendapatkan info lewat rekanan bisnis
  3. Pelajari tentang kontrak dengan teliti
  4. Cari info tentang berapa banyak jumlah waralaba yang sudah berjalan dan berapa banyak jumlah cabang yang telah ada
  5. Apakah waralaba tersebut mewajibkan untuk membeli bahan baku dari pewaralaba. Untuk beberapa jenis produk tertentu, sering pewaralaba mengharuskan membeli bahan baku dari pihak mereka, tergantung dari jenis produknya, apakah hal ini menguntungkan atau justru sebaliknya.
  6. Berbagai promosi yang dilakukan oleh pihak pewaralaba, apakah tehnik komunikasinya dinilai telah sesuai dengan harapan
  7. Perkiraan keuntungan dan kerugian yang diproyeksikan dengan realistis
  8. Batasan-batasan yang diterapkan oleh pemilik waralaba untuk kegiatan operasi dan keuangan.
  9. Adanya sasaran penjualan yang diberlakukan pada terwaralaba
  10. Adanya batasan dalam penyesuaian terhadap system yang berlaku ataupun jenis layanan dan produk
  11. Seberapa besar dukungan yang dapat diberikan oleh pewaralaba dalam mendukung kegiatan operasional rutin dari usaha waralaba modal kecil tersebut.

About Agan Erwin

Saya suka dengan ide sederhana, tetapi mempunyai kekuatan dahsyat dari yang lebih rumit dan komplek. Ingin bergabung dengan BBM Pribadi saya? pin 7F94C3AB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>