Contoh Waralaba

Berbagai Macam Contoh Waralaba Yang Dapat Kita Jumpai

Waralaba makanan adalah contoh waralaba yang lebih menjanjikan  dari banyaknya bisnis waralaba yang ada di Indonesia.  Sekitar 70% waralaba di Indonesia melakukannya pada jenis waralaba makanan. Food and Beverage adalah salah satu bukti waralaba yang memberi peluang akan keuntungan yang besar.

Jika anda pernah mengunjungi Expo atau pameran berkenaan dengan dunia bisnis baik dalam bisnis waralaba atau usaha lainnya, para peserta kebanyakan yang diikuti adalah bisnis makanan.  Bukan hanya bisnis dengan skala besar saja. Ada diantaranya yang tergabung dalam bisnis tersebut adalah bisnis waralaba dengan modal kecil.

Usaha waralaba modal kecil yang tergabung ternyata dapat mendominasi bisnis tersebut. Pengusaha makanan sampai saat ini yang tercatat yang ada di tanah air tidak kurang dari 500 perusahaan. Itu saja tidak melepas kemungkinan bahwa masih banyak perusahaan makanan yang belum tercatat pada data kami.

Contoh Waralaba Makanan Asing Yang Sukses

Waralaba makanan dapat berkembang tidak lepas karena kebiasaan orang kita yang suka atau minat bahkan pada makanan tertentu. Perusahaan waralaba makanan sudah banyak, baik itu makanan dari luar negeri maupun makanan tradisional. Sebagai contoh Waralaba makanan asing yang sukses di indonesia antara lain seperti Pizza Hut, KFC dan sebagainya. Hampir setiap outletnya selalau ramai dikunjungi.

Akhir-akhir ini ada  trend baru yang sedang booming yaitu anak remaja saat ini selalu berkumpul untuk ngobrol dan makan Seven Eleven dan hampir setiap hari gerai tersebut selalu ramai dengan anak anak  remaja maupun  dewasa sebagai  tempat kongkow atau kumpul-kumpul bersama teman-teman. Tidak sedikit juga orang kantoran yang sedang bekerja membawa laptop kesana berjam-jam sambil mengerjakan pekerjanya dan santai.

Contoh Waralaba Yang Ada Di Indonesia

Bisnis waralaba makanan yang berkembang di dalam negeri juga tidak kalah ramai dengan perusahaan makanan dari luar negeri. Usaha makanan yang mengusung menu makanan yang menyajikan masakan tradisional atau makanan dari timur tengah bahkan yang berbahan dasar ayam ikut meramaikan bisnis makanan di indonesia bahkan waralaba yang berbahan dasar dari makanan tradisional Tahu juga ikut meriahkan waralaba di Indonesia, sebagai contoh usaha waralaba yang booming dengan makanan tradisional adalah waralaba Tahu Kress. Beberapa contoh waralaba makanan dengan mengusung menu dari ayam yaitu hayam wuruk ayam tulang lunak, ayam bakar Mas Mono, makanan tradisional seperti bambu kuring, es teler 77, mang Kabayan, waralaba fried chicken dan lain-lain.   Ada juga makanan  dengan menu yang berasal dari timur tengah contohnya adalah Kebab Turki.

Ada beberapa perusahaan waralaba makanan maupun minuman asli Indonesia yang sudah banyak membuka cabang di luar negeri bahkan tidak sedikit perusahaan waralaba tersebut yang mengalami keberhasilan yang luar biasa.  Meraka disana dalam menjalankan usaha waralaba yang dimiliki  tidak lepas dari bagaimana cara menjaga citra rasa makanan dengan mengikuti standarisasi yang ada. Selain itu menu makanan atau minuman dan cara pelayanan atau penyajiannya yang ramah menjadi salah satu kekuatan dalam membangun citra bisnis yang telah dimiliki.

Diantara kita sebenarnya banyak yang pandai memasak, atau mungkin masakannya lebih lezat dari makanan yang terdapat di outlet waralaba yang pernah kita kunjungi. Tetapi apakah kita dapat menjual masakan kita seperti mereka?  Mengapa gerai mereka selalu ramai? Jika pertanyaan  tersebut dikembalikan ke kita, mungkinkah kita mampu menjual masakan kita seperti makanan mereka?

Dari sini seharusnya kita bisa mengambil contoh waralaba di indonesia yang sudah ada, mungkin kita mampu membuat burger dengan lezat. Tapi apa kita bisa menjual burger lebih banyak dari burger yang dijual di Mc Donald? Mengapa bisa begitu? Hal tersebut dikarenakan nama besar merek dagang atau brand experience yang sudah dimiliki oleh Mc Donald, sehingga membuat masyarakat lebih memilih makan dari Mc Donald. Biasanya  orang cenderung lebih memilih makan di outlet franchise dengan mempertimbangkan nama merek yang kuat dengan makanan yang sudah menyesuaikan standarisasi baik dari konsep penyajian maupun rasa.

Membahas soal waralaba di dunia ini, anda bisa melihat contoh contoh waralaba asing, waralaba luar negeri atau waralaba dalam negeri wilayah Indonesia.

Share Button

mau berkomentar, silahkan

comments

3 Responses to “Contoh Waralaba”

  1. Bagaimana cara menjadi pewaralaba yang sukses dan menguntungkan?????????????/

  2. putry says:

    Saya punya usaha pancake durian. Sy mau jadikan sbg usaha waralaba. Sy jg sdh memiliki 5org reseller tetap di kota2 tertebtu jg ada. Sy berdomisili di sulsel.

Leave a Reply