Breaking News

Waralaba Adalah Cara Menggandakan Sistem Usaha

Waralaba Adalah Sebuah Cara Menggandakan Sistem Usaha

Apa sih Waralaba itu?? Waralaba adalah suatu sistem kerjasama antara produsen dengan jasa yang sangat kuat. Amerika menciptakan sistem ini dan saat ini telah berkembang hampir keseluruh negara di dunia. Peluang yang diberikan kepada para pengusaha kecil dari waralaba adalah untuk bertahan dan memperoleh kesejahteraan pada pasar yang lebih kompetitif. Caranya adalah dengan menggabungkan kekuatan dan keunggulan yang dimiliki dengan dedikasi dan inisiatif para pemilik bisnis individu.

Waralaba pada tahun 2000 mencapai 50% dari total bisnis retail yang ada di Amerika. Untuk menciptakan dominasi kolektif beberapa agen pemasaran pemasaran independen seperti, Century 21, ERA dan Ray White ikut bergabung dan juga membentuk organisasi waralaba yang sangat kuat. Tak jarang perusahaan konvensional merubah jaringan yang dimiliki menjadi usaha waralaba. Menyadari bahwa keuntungan yang diberikan oleh waralaba begitu besar, perusahaan-perusahaan besar dan para pemilik bisnis independen mengikuti trend ini.

Definisi lain dari waralaba adalah adanya suatu hubungan strategi antara franchisor dan franchisee sehingga dari hubungan ini keduanya mendapatkan banyak keuntungan. Umumnya definisi  dari waralaba adalah penyedia jasa mendistribusikan barang kepada pelanggan akhir, dimana individu atau perusahaan diberikan hak untuk melakukan bisnis dengan atribut pemilik merek (franchisor) dan prosedur serta dengan tata cara yang telah disepakati sebelumnya dalam kurun waktu dan area tertentu. Tentu saja ada imbalan bagi kemitraan ini, ada sesuatu yang diberikan oleh franchise kepada  franchisor seperti royalty dan franchise fee. Dalam sistem ini Franchisor membutuhkan pemasukan dari royalty untuk bekerja dan mendapatkan  sistem pendukungnya, serta mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memenuhi semua keperluan dari pemilik waralaba.

Memilih Waralaba yang tepat

Dalam proses mengevaluasi pembelian hak waralaba adalah, langkah pertama yaitu lihatlah kemampuan financial sebelum memilih konsep bisnis yang akan dijalani. Sesuaikan juga dengan gaya hidup, minat dan bakat yang anda miliki serta sesuaikan dengan pendidikan anda. Setelah itu  anda tinggal memutuskan apa bisnis yang akan anda ambil dan tentukan juga perkiraan investasinya. Yang perlu anda lakukan juga dalam bisnis waralaba adalah mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan bisnis yang akan anda ambil dan juga beberapa alternative serta peluang yang ada.

Istilah-istilah Waralaba  atau bisnis Franchise

Tanda/Penanda Waralaba: esensi  usaha atau bisnis format waralaba adalah brand atau merek dagang dari barang/produk atau jasa itu sendiri walau dimungkinkan produk atau jasa tersebut telah memperoleh hak paten atau hak cipta. Merek dagang itulah yang menjadi penanda waralaba dalam format bisnis ini. Penanda waralaba juga berarti sebagai symbol dari ciri khas bisnis atau usaha tersebut.

Jenis – Jenis Waralaba

Franchise/Waralaba dibagi menjadi dua  jenis. Jenis yang pertama  yaitu Waralaba Luar Negeri: biasanya waralaba ini Cenderung lebih banyak disukai karena sistemnya yang jelas, merek dagangnya sudah diterima diseluruh dunia dan biasanya  lebih bergengsi. Jenis yang kedua yaitu Waralaba dalam negeri atau waralaba di indonesia : waralaba ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan menjadi investasi pilihan untuk orang-orang atau pencari peluang bisnis yang ingin menjadi pengusaha tapi belum memiliki pengetahuan yang cukup.

Kunci kesuksesan usaha waralaba adalah kekuatan merek/brand. Sebelum memulai bisnisnya hendaknya para pengusaha mendaftarkan merek dagangnya terlebih dahulu kekantor Ditjen HKII (Hak Kekayaan Intelektual Indonesia). Dengan demikian kalau kita sudah mempunyai merek dagang yang terdaftar maka peluang untuk mewaralabakan bisnis kita akan jadi lebih terjamin hukumnya. Selain itu terwaralaba akan percaya dengan sistem waralaba yang akan ditawarkan karena waralabanya mempunyai merek yang terdaftar.

About Agan Erwin

Saya suka dengan ide sederhana, tetapi mempunyai kekuatan dahsyat dari yang lebih rumit dan komplek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>