Breaking News

Definisi Usaha Waralaba Menurut Asosiasi Franchise Indonesia

Definisi Waralaba menurut Asosiasi Franchise Indonesia

Definisi Usaha Waralaba – Suatu bentuk kerjasama usaha atau bisnis dengan prinsip kemitraan antara sebuah perusahaan yang telah mapan baik system manajemen, keuangan dan marketing serta adanya merek produk perusahaan yang telah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan atau individu yang menggunakan merek produk dan sistem tersebut merupakan Definisi Waralaba. Perusahaan pemilik merek disebut pemberi waralaba (Franchisor), sedangkan perusahaan/individu pengguna merek disebut penerima waralaba (Franchisee).  Hubungan kerjasama usaha antara kedua belah pihak disahkan dalam sebuah ikatan perjanjian atau nota kesepahaman. Lazimnya pihak pemberi waralaba memberikan bimbingan teknis usaha, manajemen dan marketing produk kepada pihak penerima waralaba, sedangkan pihak penerima waralaba membayar sejumlah biaya sebagaimana kesepakatan antara kedua belah pihak.

Secara harfiah franchise/waralaba bisa diartikan sebagai hak untuk menjalankan bisnis atau usaha di tempat yang telah ditemtukan. Definisi waralaba yang lain  yaitu kebebasan atau kejujuran (dalam Bahasa Perancis). Secara historis waralaba dapat diartikan sebagai penjualan suatu produk khusus pada daerah tertentu. Sebagai contoh waralaba makanan cepat saji, dimana produsen akan memberikan pelatihan untuk perwakilan penjualan atau terwaralaba dan menyiapkan produk iklan dan informasi, sementara itu dia akan mengontrol terwaralaba yang menjual produk tersebut ditemtap yang sudah ditentukan.

Suatu cara mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen atau pelanggan akhir. Pemilik merek atau produsen (franchisor) akan memberikan hak kepada pelaku bisnis untuk melaksanakan bisnis dengan atribut produsen atau franchisor seperti nama merek, prosedur sistem dan cara-cara yang telah disepakati sebelumnya meliputi area tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan yang dimaksud dengan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dalam arti waralaba diatas antara lain: Hak cipta, Hak Paten, Rahasia Dagang, Desain, Logo, Nama dagang dan Merek. Kemudian yang lain seperti cara penjualan, sistem manajemen, penataan dan cara distribusi yang menjadi karakteristik khusus dari pemilik usaha, itu semua adalah penemuan atau cirri khas dari usaha.

Definisi Waralaba Menurut PERMENDAG RI No.12 Tahun 2006

Secara garis besar waralaba dalam peraturan menteri perdagangan Republik Indonesia Np. 12 Tahun 2006 mengandung pengertian yaitu adanya ikatan kerjasama usaha antara dua belah pihak (franchisor dan franchisee) atas hak dan kewajiban yang telah disepakti bersama berkaitan dengan usaha yang akan dijalankan. Dimana pemberi atau perusahaan waralaba memberikan hak kepada penerima waralaba untuk menggunakan merek produk yang dimiliki pemberi waralaba dengan adanya kompensasi berdasarkan criteria-kriteria yang ditetapkan oleh pemberi awalaba dengan sejmulah keharusan memberikan bimbingan operasional secara berkelanjutan.

Definisi Waralaba – Hal Hal Yang Berkaitan Dengan Usaha Waralaba

Saat ini model usaha waralaba sangat beragam, mulai dari usaha makanan, minuman, teknologi, retail bahkan sampai waralaba pendidikan, dari modal 5 juta sampai ratusan juta bahkan bisa lebih. Prinsipnya kita bebas memilih model usaha yang tentunya sesuai dengan keadaan keuangan atau minat kita.  Berbicara mengenai usaha waralaba tidak terlepas dari 3 hal berikut yaitu merek, sistem bisnis dan biaya (fee). Dalam setiap kesepakatan waralaba, pemberi waralaba memberikan kewenangan kepada penerima waralaba untuk dapat menggunakan merek dagang maupun jasa serta logo. Selain itu penerapan sistem bisinis sangat mempengaruhi kebehasilan dari suatu organisasi usaha waralaba.

Dengan demikian Langkah awal menjalankan usaha waralaba yaitu minimal dengan terlebih dahulu memahami seluk beluk, karakteristik, unsur-unsur maupun Definisi Waralaba itu sendiri.

About Agan Erwin

Saya suka dengan ide sederhana, tetapi mempunyai kekuatan dahsyat dari yang lebih rumit dan komplek. Ingin bergabung dengan BBM Pribadi saya? pin 7F94C3AB

4 comments

  1. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?
    belum lagi anda diharuskan membayar ratusan juta Rupiah karena hal tersebut diatas?

    inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,paten.

    Konsultasikan merek dagang anda segera pada www dot ipindo dot com konsultan HKI terdaftar.

    • Benar sekali, merk pada bisnis format franchise harus sedini mungkin di daftarkan.. karena bisnis waralaba jelas melibatkan pihak lain sebagai mitra yang membutuhkan keamanan dan perlindungan atas investasi yang telah di bayarkan kepada anda sebagai seorang franchisor..

  2. Good quality and high-class. Shirt is just as revealed.

  3. acquired these kind of regarding the child pertaining to company……..this individual declares believe that good and check rather amazing!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>